Home / Berita / PPS dan PPK Bakal Dievaluasi

PPS dan PPK Bakal Dievaluasi

KOTAMOBAGU – Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam waktu dekat ini bakal dievaluasi.

Hal itu akan dilakukan setelah keluarnya Surat Edaran (SE) KPU Nomor 870/KPU/XII/2013 tentang Pengangkatan dan Penetapan Kembali PPS dan PPK beserta Sekretariatnya. Menurut Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, Hukum dan Pengawasan KPU Kotamobagu, Aditya Tegela, yang dikonfirmasi Minggu (04/01/14) kemarin, untuk teknisnya KPU Kotamobagu masih akan melakukan rapat dulu. “Yang pasti kami akan lakukan secepatnya,” tegas Aditya.

Dalam SE tersebut ditegaskan bahwa KPU Kabupaten/Kota diminta untuk segera mengangkat atau menetapkan kembali PPS dan PPK yang sudah ditetapkan sejak tahun 2013.Pada penetapan yang baru ini masa kerja PPS dan PPK selama Sembilan bulan sejak Januari hingga September 2014 dengan rincian lima bulan Pemilu Legislatif dan dua bulan untuk Pemilu Presiden ditambah kemungkinan dua putaran.

Bahkan dalam SE, Ketua KPU RI, Husni Kamil Malik, meminta KPU Kabupaten/Kota untuk melakukan evaluasi terhadap integritas, independensi dan profesionalitas PPK dan PPS tahun 2013. Apabila ada anggota PPS dan PPK yang tidak lagi sesuai harapan tersebut, maka KPU Kabupaten/Kota diperkenankan untuk melakukan penggantian antar waktu (PAW). Dan bila daftar nama PAW tidak tersedia, KPU dipersilakan untuk melakukan seleksi kembali.

“Dengan adanya surat edaran tersebut, mau tidak mau kami sebagai pengguna anggaran akan menyesuaikan, terutama bila memang harus melakukan seleksi ulang” tegas Agung Adati, Sekretaris KPU Kotamobagu saat dihubungi via handphone kemarin. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …