Home / Berita / PPS Buat Posko Pengaduan DPT

PPS Buat Posko Pengaduan DPT

KOTAMOBAGU – Untuk mengakomodir wajib pilih yang belum terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Kota Kotamobagu Tahun 2018, beberapa PPS berinisiatif mendirikan Posko Pengaduan DPT.
“Posko ini sengaja dibuat untuk mempermudah para wajib pilih menyampaikan informasinya ke PPS,” kata Rian Thalib, Anggota PPK Kotamobagu Barat, Senin (07/05/18).
Menurut Rian, PPS di wilayahnya memberikan kesempatan kepada para wajib pilih yang tidak terdaftar, terutama mereka yang sudah memiliki identitas berupa KTP elektronik maupun surat keterangan (suket) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu bahwa yang bersangkutan sudah melakukan perekaman, untuk segera melapor.
“Mereka yang belum terdaftar tapi sudah memiliki identitas atau suket akan diakomodir di daftar pemilih tambahan (DPTb). PPS se-Kecamatan Kotamobagu Barat telah membuka Posko pengaduan bagi masyarakat di kecamatan Kotamobagu Barat yang belum terdaftar,” tegas Rian yang juga wartawan ini.
Rian benar, initinya wajib pilih yang sudah memenuhi syarat, sambung Asep Sabar, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi perencanaan dan data, harus terdaftar di daftar pemilih, karena ini menyangkut hak-hak konstitusional warga negara.
“Namun bagi mereka yang belum terdaftar dan tidak memiliki identitas sama sekali, KPU Kota Kotamobagu menyarankan untuk segera melakukan perekaman di Disdukcapil Kota Kotamobagu. Gunakan waktu yang kurang lebih sebulan ini untuk melakukan perekaman, jangan nanti tiba hari H baru sibuk,” jelas Asep di kantornya.
Menurut Asep, informasi yang diperolehnya dari Disdukcapil pada hari H nanti mereka akan tetap berkantor untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan, terutama yang pada hari H baru berusia 17 tahun, baru pensiun atau baru mengurus data kependudukan dan akan memilih.
“Nantinya pemilih pemula tersebut akan diberikan suket oleh Disdukcapil bahwa yang bersangkutan sudah memiliki identitas dan berhak memilih di TPS sesuai domisilinya,” pungkas Asep. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …