PPK se-Kotamobagu Dibimtek

KOTAMOBAGU – Semakin dekatnya hari H pemungutan suara Pilgub Sulut 2015 mengharuskan KPU Kotamobagu memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada para penyelenggara ditingkat bawah.

“Materi yang dibawakan terkait dengan pemungutan, penghitungan dan perekapan suara pemilih,” kata Aditya Tegela, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi hukum dan teknis penyelenggara, Kamis (26/11/15).

Dalam Peraturan KPU dijelaskan bahwa pelaksanaan bimtek terkait pemungutan, penghitungan dan perekapan hasil pemilihan dilakukan secara berjenjang mulai dari KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, PPS hingga KPPS.

“Karena itu kami berharap kepada PPK untuk benar-benar fokus dan memahami bagaimana pemungutan suara, penghitungan dan perekapan hasil pemungutan suara, sehingga ketika ada problem pada hari H nanti bisa diatasi dengan baik,” jelas Aditya.

Untuk tidak terjadi persoalan di lapangan, terutama terkait dengan perekapan suara hasil pemilihan, KPU Kotamobagu memberikan pendalaman kepada PPK dengan memberikan contoh kasus.

“Pola ini dilakukan agar PPK memahami tugasnya dan memberikan solusi bila pada hari H pemungutan suara terjadi problem di TPS,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu dalam sambutan pembukaan bimtek yang di gelar di Lantai II Kantor KPU Kotamobagu.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan terkait anggaran yang akan diterima oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam melakukan tugasnya tanggal 9 Desember 2015 mendatang. Ini penting agar tidak ada yang disembunyikan.

“Yang pasti honor yang akan diterima KPPS mencukupi. Dan masih akan ada lagi biaya pembuatan TPS,” papar Nova Tamon, Komisioner KPU yang bertanggungjawab terhadap persoalan Perencanaan dan Keuangan. (**)

Leave a Reply