PPK se-KK Pleno Serentak

KOTAMOBAGU – Tuntas merekap data pemilih hasil pencocokan dan penelitian (coklit) dari tingkat PPS, Senin (31/08/15), PPK menggelar pleno penetapan daftar pemilih sementara tingkat kecamatan serentak.

Menurut Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu, sebagaimana tahapan yang tertuang dalam PKPU Nomor 2 Tahun 2015, pleno DPS tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dijadwalkan tanggal 30-31 Agustus 2015.

“Semua PPK sudah sepakat mereka menggelar pleno hari ini,” kata Asep, komisioner yang membidangi data informasi, saat monitoring pleno PPK, Senin (31/08/15).

Asep menambahkan bahwa terjadi perbedaan data pemilih antara sebelum coklit dengan pasca coklit, yang semua tersaring di sistem informasi data pemilih (sidalih) yang dikelola KPU RI.

“Total pemilih yang tersaring sebanyak 14.263 pemilih yang terdiri dari beberapa kategori, diantaranya nama pemilih ganda, sudah meninggal, dibawah umur, TNI/Polri, pindah domisili, dan bukan penduduk setempat.

Sementara itu, Ketua PPK Kotamobagu Utara, Junaidi Amra, kepada media ini membeberkan bahwa total jumlah pemilih di DPS Kotamobagu Utara sebanyak 12.568 dari sebelumnya 14.860. Kecamatan Kotamobagu Barat, Ketua PPK, Sande Makalalag, mengatakan jumlah pemilih di wilayahnya mencapai 30.688 dari sebelum coklit sebanyak 34.943 pemilih.

Hal yang sama disampaikan Ketua PPK Kotamobagu Timur, Samsuri Mamonto menurut dia jumlah pemilih diwilayahnya mencapai 21.426, lebih sedikit dari jumlah sebelumnya yakni 25.535 orang. Demikian pula Kecamatan Kotamobagu Selatan. Menurut Yuelisa Kelung, Ketua PPK setempat hasil pleno menetapkan jumlah pemilih di daerahnya mencapai 22.562, sementara sebelumnya 26.021.

Asep melaporkan bahwa pelaksanaan pleno PPK serentak tersebut dihadiri Panwas Kecamatan, dua tim pemenangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulut yang ada di Kotamobagu serta PPS se-empat kecamatan. (**)

Leave a Reply