PPK Mulai Bimtek KPPS

KOTAMOBAGU – Mulai Selasa hingga Kamis (01-03/12/15) Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mulai menerima materi bimbingan teknis (bimtek) dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Bimtek ini merupakan bagian terpenting dari tahapan Pilkada Serentak Tahun 2015. “Bedanya bimtek kali ini dilakukan secara berjenjang. Namun demikian kami tetap melakukan pendampingan,” kata Aditya Tegela, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi hukum dan teknis penyelenggara, Kamis (02/12/15).

Pelaksanaan bimtek itu sendiri, masih kata Aditya, dilakukan per kecamatan. “Kecamatan Kotamobagu Utara melaksanakan bimtek pada Selasa kemarin. Kemudian Rabu dua kecamatan yakni; kecamatan Kotamobagu Barat dan Kecamatan Kotamobagu Timur. Kamis ini giliran Kecamatan Kotamobagu Selatan.”

Meski sudah dilakukan bimtek tingkat kecamatan, KPU Kotamobagu berharap Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk lebih memberikan penguatan di tingkat kelurahan/desa.

“Ini penting agar KPPS benar-benar menguasai dan memahami apa yang menjadi tugasnya pada hari H pemungutan suara nanti,” tambah Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu di sela-sela bimtek KPPS.
Bukan apa, kata Nayodo, pengalaman pada gelaran pemilu dan pilwako tahun lalu persoalan muncul di Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan KPPS sering kewalahan memutuskannya.
“Jadi jangan sampai kesalahan terjadi lagi di TPS.” (**)

Leave a Reply