PPK & KPU KK “Keroyokan” Bimtek PPS

KOTAMOBAGU – Untuk tidak terjadi kesalahan ditingkat bawah, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menggandeng KPU Kota Kotamobagu (KK) memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS), di dua tempat berbeda, Senin (15/06/15).

“Kegiatan ini sudah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2015 terkait tata kerja penyelenggara pemilihan kepala daerah serentak. Bahwa bimbingan teknis dilakukan secara berjenjang mulai dari KPU kepada PPK dan seterusnya PPK kepada PPS,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi humas dan data informasi, Senin (15/06/15).

Asep menambahkan, dalam aturan tidak dilarang bila kemudian PPK mengundang KPU untuk memberikan materi kepada PPS, tidak masalah, selagi itu untuk kepentingan kesuksesan penyelenggaraan pilkada serentak,” tegas Asep.

Bimtek yang digelar ‘keroyokan’ hari ini dibagi dalam dua tempat berbeda untuk masing-masing dua kecamatan, yakni di SMP Negeri I Kotamobagu untuk PPS dari Kecamatan Kotamobagu Barat dan Kotamobagu Utara. Sementara untuk PPS dari Kecamatan Kotamobagu Timur dan Kotamobagu Selatan berlokasi di Kantor kelurahan Motoboi Kecil.

“Pembagian dua lokasi ini agar para peserta bisa fokus dan serius. Biasanya kalau pesertanya banyak mereka tidak bisa konsentrasi dan banyak ngobrolnya,” kata Aditya Tegela, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggara, hukum dan pengawasan.

Bimtek yang akan dimulai pukul 14.00 Wita itu, lanjut Aditya, diantaranya terkait dengan teknis penyelenggaraan, logistik, sosialisasi dan pemutakhiran data pemilih. “Komisioner KPU Kotamobagu sesuai divisinya masing-masing sudah siap dengan bahan bimtek-nya.” (**)

Leave a Reply