PPK Diminta Proaktif

KOTAMOBAGU – Tak ingin proses pencocokan dan penelitian mengalami masalah di lapangan, KPU Kotamobagu terus melakukan monitoring ke lapangan.Pada monitoring Rabu (29/07/15) kali ini tim KPU Kotamobagu turun full team bersama sekretariat. “Kami mendapatkan informasi masih ada yang belum beres dengan proses coklit. Karena itu kami ingin mengetahui secara pasti informasi tersebut,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data dan informasi.

Kepada media ini, Asep membeberkan salah satu problem yang didapatnya di lapangan, dimana Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam menjalankan tugasnya tidak disertai daftar pemilih yang sudah diserahkan oleh KPU Kotamobagu.

“Mereka (PPDP, red) malah mendata dan mencatat pemilih di tiap-tiap rumah tanpa mencocokkan nama pemilih yang ada di daftar pemilih,” tegas Asep.

Untuk kasus ini, lanjut Asep, pihaknya sudah menginstruksikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk turun dan menjelaskan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun PPDP. Karena rata-rata daftar pemilih tersebut masih berada di tangan PPS.

“Saya sudah minta mereka untuk mengecek kembali daftar pemilih, terutama yang sudah didatangi; apakah kolom-kolom seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (NKK) dan lain-lainnya sudah lengkap. Kalau belum, berarti PPDP diminta mendatangi kembali pemilih.”

Monitoring hari ini juga diikuti lima komisioner; Nayodo Koerniawan, Nova Tamon, Iwan Manoppo, Aditya Tegela dan Asep Sabar. Ikut juga dalam rombongan Sekretaris KPU Kotamobagu, Abdullah Mokoginta dan Yusril Kobandaha, Operator Sidalih KPU Kotamobagu. (**)

Leave a Reply