PPK Diminta Bantu Rekrut PPS

KOTAMOBAGU – Setelah rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), kini KPU disibukkan oleh rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tenggat waktu pemasukan berkasnya hingga Jumat (15/05/15) mendatang.

“Hingga Senin (11/05/15) hari ini kelurahan/desa yang sudah memasukkan berkas nama-nama calon PPS ke KPU Kotamobagu baru 10. Mudah-mudahan dalam dua hari ke depan semuanya sudah rampung. Kami minta lembaga-lembaga desa bisa membantu,” kata Iwan Manoppo, penanggungjawab rekrutmen PPS dalam rangka Pilgub Sulut Tahun 2015 ini.

Terkait dengan itu, lanjut komsioner berlatar akademisi ini mengaku pihaknya sudah meminta PPK yang baru dilantik untuk membantu ‘mempressure’ pembentukan PPS di wilayah kerjanya masing-masing. “Karena biar bagaimana pun garis koordinasi PPS berada dibawah PPS. Untuk itu kami meminta PPK untuk membantu kepala desa atau lurah dalam rangka merekomendasikan warga yang dianggap layak dan mampu menjadi penyelenggara ditingkat desa/kelurahan.”

Sebagaimana jadwal yang sudah ditetapkan oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara, tes bagi calon PPS yang direkomendasikan akan dilakukan pada Sabtu (16/05/15) mendatang. Setelah itu langsung diumumkan pada Minggu (17/05/15), dan Senin (18/05/15) langsung dilantik.

“Untuk tes PPS kami masih akan berkonsultasi dengan KPU Sulut, apakah tes tertulis atau wawancara, mengingat waktu yang disediakan hanya satu hari sementara calon PPS jumlahnya tiga kali lipat dari pendaftar PPK beberapa waktu lalu,” kata Aditya Tegela, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggara, hukum dan pengawasan.

Dalam rekrutmen PPS, KPU Kotamobagu sangat berharap warga desa atau kelurahan setempat yang paham dengan kondisi penduduknya. Yang lebih penting lagi PPS harus paham penyusunan daftar pemilih dan pendataan penduduk dalam rangka pemilihan.

“Jangan sampai kejadian di Pemilu 2014 lalu terulang, dimana daftar pemilih banyak yang amburadul lantaran ketidakmengertian PPS,” pungkas Aditya. (**)

Leave a Reply