Home / Berita / PPDP Semangat Mencoklit

PPDP Semangat Mencoklit

KOTAMOBAGU – Tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pilkada Serentak di Kota Kotamobagu diresmikan langsung oleh Ketua KPU Kota Kotamobagu, Nova Tamon, Sabtu (20/01/18).
Dalam sambutan sebelum melepas Nova berharap Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) bekerja ikhlas dan jujur, serta saling koordinasi satu dengan lainnya. “Dan yang lebih penting lagi PPDP harus kerja penuh waktu. Jangan sampai waktu yang hanya sebulan coklit ini tidak dimanfaatkan dengan baik.”
Kepada seluruh penyelenggara ditingkat bawah, Nova meminta kerjasamanya agar setiap persoalan dan problem yang muncul di lapangan bisa diselesaikan dengan baik. “PPK dan PPS diminta untuk mem-backup kerja-kerja PPDP. Karena kerja PPDP sekarang semuanya dicatat di buku kerja.”
Total PPDP yang memulai coklit hari ini sebanyak 242 berasal dari 33 desa/kelurahan dengan 242 tempat pemungutan suara (TPS). Mereka akan mencoklit di hari pertama ini masing-masing minimal sebanyak lima rumah.
“Tapi diharapkan kepada PPDP untuk tidak berpatokan pada lima rumah saja, lebih banyak yang dicoklit pada hari pertama ini lebih bagus,” tambah Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi data pemilih.
Saat melepas ratusan PPDP, PPK dan PPS untuk melakukan colkit, Asep berpesan untuk menuntaskan nama-nama pemilih yang ada di formulir atau daftar pemilih yang sudah diberikan ke PPDP.
“Bila nantinya ditemui ada warga yang memang sudah lama menetap di wilayahnya namun tidak terdata di daftar pemilih langsung dikoordinasikan dengan PPS. Karena bisa saja mereka terdaftar di TPS lain atau memang sama sekali tidak terdaftar.”
Surat Edaran KPU RI Nomor 60 Tahun 2018 sudah menegaskan bahwa pemilih yang sama sekali tidak memiliki dokumen kependudukan, PPDP tidak mendaftar pemilih yang bersangkutan dan menyarankan pemilih tersebut untuk mengurus administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu agar dapat didaftar dalam daftar pemilih.
“Sedangkan untuk pemilih yang belum memiliki atau melakukan perekaman KTP elektronik, PPDP harus memeriksa kartu keluarga (KK) dan atau KTP pemilih yang bersangkutan untuk memastikan pemilih tersebut benar-benar penduduk daerah pemilihan. Pemilih tersebut dicatat didalam formulir dengan keterangan belum KTP elektronik.”
Hingga berita ini diturunkan proses coklit masih berlangsung. “Bahkan ada informasi yang diperoleh rata-rata PPDP sudah mendatangi lebih dari lima rumah. Mudah-mudahan semua lancer-lancar dan sesuai dengan aturan yang sudah dijelaskan saat bimtek,” pungkas Asep kepada media ini di ruang kerjanya sambil menambahkan beberapa opinion leader sudah dicoklit, diantaranya Ketua Panwaslu Kota Kotamobagu, Dr. Musly L Mokoginta, SH,MH bersama keluarga (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …