PPDP Segera Ditetapkan

KOTAMOBAGU – Semakin dekatnya jadwal tahapan pemutakhiran daftar pemilih (mutarlih), KPU Kotamobagu akan segera menetapkan Petuga Pemutakhiran Data pemilih (PPDP).

“Sesuai Pasal 10 Peraturan KPU Nomor 04 Tahun 2015 Tentang Mutarlih pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Pemilihan Bupati dan Pemilihan Walikota, dikatakan bahwa PPDP berasal dari pengurus RT atau RW yang diusulkan oleh PPS,” jelas Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi Data Informasi.

Rinciannya, kata Asep, satu orang untuk setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah pemilih hingga 400 orang dan paling banyak dua orang untuk setiap TPS dengan jumlah pemilih diatas 400 orang.

“PPDP ini nanti yang turun langsung ke rumah-rumah penduduk atau pemilih, serta mendata penduduk yang sudah memiliki hak pilih. Nantinya mereka akan berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS),” jelas Asep kepada media ini, Senin (01/06/15).

Tugas lain PPDP, masih kata komisioner berlatar jurnalis ini, adalah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) dalam rangka memperbaiki data pemilih dengan cara mencoret pemilih yang telah meninggal misalnya, atau pindah domisili, kemudian pemilih yang tidak diketahui lagi keberadaannya.

“Tak hanya mencoret, PPDP juga bisa mencatat para pemilih yang baru memasuki usia memilih, warga baru, atau pensiunan TNI/Polri. Kalau bisa saat melakukan registrasi ke pemilih PPDP jalan bareng dengan petugas kelurahan atau dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sehingga data yang diperoleh nantinya bisa sama. Bahkan lebih afdhol lagi kalau mengajak Panwas Lapangan,” ujar Asep.

Mengapa perlu mengajak Panwas? Sebab untuk mencoret atau menambah pemilih di daftar pemilih harus ada rekomendasi dari Panwas, selain dari Lurah dan Disdukcapil. “Sehingga ketika nantinya ada persoalan atau complain, semuanya bisa saling melengkapi dan memiliki data-data yang sama,” pungkas Asep.

Sebagaimana diketahui, terkait dengan pemutakhiran data pemilih, ada tiga komponen yang nantinya akan dicoklit, yakni daftar pemilih hasil Pemilu 2014, Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta data yang didapat oleh PPDP saat turun langsung ke rumah-rumah pemilih. (**)

Leave a Reply