PPDP Segera Dibentuk

KOTAMOBAGU – Dengan akan diserahkannya data pemilih dari KPU RI ke KPU Kabupaten/Kota 24 Juni besok, maka tugas selanjutnya adalah validasi dan pemutakhiran data pemilih.

Proses itu dilakukan secara berjenjang, dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk disampaikan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS). Nah, berbekal data pemilih yang akan diberikan oleh KPU Kabupaten/Kota, PPDP akan turun langsung ke rumah-rumah penduduk atau pemilih.

“Mereka mendata penduduk yang sudah memiliki hak pilih, pemilih baru, warga baru, atau pensiunan TNI/Polri,” kata Yusril Kobandaha, Operator Data Pemilih (ODP) KPU Kotamobagu, Selasa (23/06/15).

PPDP yang akan segera dibentuk dalam waktu dekat, lanjut Yusril, akan berkoordinasi dengan PPS, sehingga bisa diperoleh daftar pemilih tetap (DPT) yang valid dan berkualitas.

“Tugas lain PPDP adalah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk memperbaiki data pemilih. Dengan cara mencoret pemilih yang telah meninggal, pindah domisili, atau tidak diketahui lagi keberadaannya.”

Saat melakukan registrasi ke pemilih, masih kata Yusril, PPDP ditemani petugas kelurahan atau staf Disdukcapil, sehingga data yang diperoleh nantinya bisa sama.

“Pemutakhiran data pemilih adalah nafasnya Pemilu. Buktinya dari 900 kasus pemilu di MK itu terkait daftar pemilih. Oleh karena itu diharapkan PPK, PPS, PPDP menjadi dominasi bagaimana data pemilih dapat terakomodir.” (**)

Leave a Reply