Pindai C1 Capai 92,44 Persen

KOTAMOBAGU – Hingga Jumat (11/12/15) dini hari tadi data C1 yang masuk ke KPU baru 92,44 persen, sehingga tampilan real count di pilkada2015.kpu.go.id hingga pagi belum mencapai 100 persen.

“Kami sudah berkoordinasi dengan semua PPK untuk segera menindaklanjutinya supaya hari ini Kotamobagu bisa 100 persen,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu di kantornya, Jumat pagi.

Kepada media ini Nayodo menegaskan bahwa penyebab keterlambatan pengiriman C1 ke KPU Kotamobagu lebih disebabkan dari KPPS. “Ini murni human error dan tidak ada kaitannya dengan kesengajaan. Karena ternyata masih ada KPPS yang memasukkan C1 untuk KPU ke dalam kotak, sehingga untuk membuka kotak harus menghadirkan kembali saksi-saksi dan panwas,” jelas Nayodo.

Persoalan lainnya yang menjadi penyebab lambatnya scan C1, lanjut Nayodo, adalah kesalahan memasukkan C1 antara yang berhologram dengan yang tidak berhologram. “Dan itu harus kembali membuka kotak, ini repotnya.”

Dibagian lain, Aditya Tegela, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggara, hukum dan pengawasan, menjelaskan bahwa sebenarnya Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah di-bimtek, bahkan dua kali, oleh PPK dan PPS dengan menghadirkan KPU Kotamobagu.

“Tapi itulah yang terjadi, ternyata masih saja ada yang salah dan seringkali harus adu argumentasi. Ini evaluasi buat kita semua bahwa mencari sumberdaya untuk mengelola pilkada ditingkat bawah tidak mudah, apalagi ketentuan sudah melarang mereka yang dua periode.”

Namun demikian, KPU Kotamobagu tetap menjalankan tugas dan tahapan yang sudah ditentukan. “Sehingga pelaksanaan pindai C1 ke Jakarta harus dituntaskan pada hari ini juga,” pungkas Aditya diiyakan Asep Sabar dan Iwan Manoppo. (**)

Leave a Reply