Pilwako 2013 Tanpa Calon Perseorangan

KOTAMOBAGU— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu sudah memberikan deadline waktu hingga Rabu 13 Februari 2013, pukul 16.00 WITA bagi kandidat yang akan maju melalui jalur calon perseorangan. Namun, hingga deadline waktu tersebut, tidak ada calon perseorangan yang datang mengambil formulir.

“Iya, berdasarkan jadwal dan tahapan yang sudah disusun, batas waktu bagi calon perseorangan untuk mengambil berkas pukul 16.00 Wita. KPU juga memberikan waktu hingga pukul 24.00 WITA untuk memasukkan dukungan. Karena tidak ada yang mengambil formulir otomatis dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) nanti tidak ada calon perseorangan,” kata komisioner KPU Kotamobagu Amir Halatan, S.Sos.

Menurut Amir, sangat disayangkan tidak ada calon perseorangan yang mendaftar. Padahal, sangat diharapkan ada dari calon perseorangan, seperti pada Pilwako 2008 lalu. Tapi di sisi lain, Amir mengatakan, tanpa calon perseorangan juga sedikit meringankan tugas penyelenggara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam melakukan verifikasi daftar dukungan bagi calon perseorangan. “Sedikit meringankan tugas kami. Karena kita tahu bersama, dalam proses verifikasi daftar dukungan bagi calon independen mirip verifikasi daftar pemilih. Akan lebih sulit lagi bila ada dua atau lebih calon perseorangan,” sebut Amir.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kotamobagu Muhammad Agung Adati, ST. M.Si, mengatakan selain telah dibukanya pengambilan formulir bakal pasangan calon, KPU juga sudah membuka pendaftaran lembaga pemantau. “Bila ada informasi yang belum jelas, bisa datang ke media center di kantor KPU Kotamobagu,” pungkas Agung.(*)

Leave a Reply