Pilpres, Kotak Mulai Disiapkan

KOTAMOBAGU – H minus 40 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu mulai membenahi logistik persiapan pemilihan presiden (pilpres).

“Mulai Jumat kemarin kami bersama panitia pemungutan suara (PPS) sudah melakukan pembersihan kotak suara untuk pilpres,” kata Nova Tamon, komisioner yang membidangi logistik di ruang kerjanya, Minggu (01/06/14).

Menurut Nova kegiatan ini sesuai dengan instruksi dan surat edaran KPU RI terkait persiapan pilpres 2014. “Kami juga sudah mengudang beberapa pihak, termasuk panitia pengawas pemilu dan aparat kepolisian untuk sama-sama menyaksikan pembukaan kotak ini,” ujar Nova.

Sementara itu, Agung Adati, Sekretaris KPU Kotamobagu menambahkan bahwa pembukaan kotak ini tidak seluruhnya, tapi hanya untuk dua kecamatan saja, mengingat jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada pilpres berkurang dari 242 menjadi 199.

“Setelah kami hitung-hitung ternyata hanya dua kecamatan saja yang dilakukan pembukaan kotak, yakni Kotamobagu Utara dan Kotamobagu Timur,” jelas Agung kepada media ini.

Surat suara yang dikeluarkan dari kotak, lanjut Agung, untuk sementara diamankan di karung-karung yang sudah disediakan. “Karung-karung tersebut dijamin keamananannya dan sudah diberi tanda serta diikat untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkas Agung. (**)

Leave a Reply