Pilot Project Penyelenggaraan Pemilu

KOTAMOBAGU – Anugerah KPU Berintegritas Nasional membuat KPU Kotamobagu bersiap-siap menjadi Pilot Project, sekaligus salah satu lokasi studi banding bagi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada. “Ini sebuah penghargaan sekaligus kehormatan bila memang ada kawan-kawan KPU dari daerah lain yang mau datang ke daerah ini,” kata Iwan Manoppo, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi sosialisasi, pendidikan pemilih dan pemilih pemula, Senin (22/12/14) di ruang kerjanya.

Menurut Iwan, sejak awal dilantik tahun 2014 lalu, KPU Kotamobagu; komisioner dan sekretariat, sudah berkomitmen bekerja maksimal dan sebisa mungkin menghindari berbagai bentuk pelanggaran hukum. “Dan Alhamdulillah semuanya dijalani dengan baik. Dan tim penilai KPU Award yang terdiri dari LSM, akademisi, jurnalis serta tokoh masyarakat di Jakarta, menganugerahi KPU Kotamobagu sebagai KPU yang berintegritas dalam penyelenggaraan Pemilu 2014,” ujar Iwan.

Pernyataan yang tidak jauh berbeda disampaikan Nova Tamon, komisioner perempuan satu-satunya KPU Kotamobagu. Menurut dia, kepercayaan dan amanah tersebut harus ‘ditularkan’ ke daerah-daerah lain, agar semua KPU berintegritas dalam menyelenggaraan Pemilu dan Pilkada.

“Jika KPU-nya berintegritas maka produk yang dihasilkan pun akan berintegritas dan berkualitas. Apalagi Sulut sekarang sedang menghadapi Pilkada Gubernur, kita harus kompak dan komit mensukseskannya,” tegas komisioner yang membiadang divisi keuangan, logistik dan perencanaan ini. (**)

Leave a Reply