Pilkades Pakai Data Pemilih KPU?

KOTAMOBAGU – Pemilihan Sangadi atau Kepala Desa (Pilsang/Pilkades) yang digelar di Kotamobagu kali ini nampaknya menarik perhatian banyak kalangan.

Pasalnya, pertama ajang itu digelar ditengah hiruk-pikuk tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak Tahun 2015. Kedua, data pemilih yang digunakan pada ajang pesta demokrasi level bawah itu bakal diambil dari KPU yang notabenenya hasil coklit dan pemutakhiran dua bulan terakhir.

Ketiga, dua orang anggota PPK dari dua kecamatan terpaksa mengundurkan diri dari panitia adhoc Pilkada Serentak 2015 lantaran dilantik menjadi Pejabat Sangadi (Kepala Desa). Berikutnya keempat, dan ini yang paling menarik, pemungutan suara pilsang/pilkades tersebut digelar serentak pada tanggal 12 Desember 2015, atau tiga hari setelah pemungutan suara pilkada serentak, tanggal 9 Desember 2015.

“Terkait data, kalau memang diperbolehkan diambil dari KPU, maka panitia Pilsang/Pilkades tidak perlu lagi lelah-lelah melakukan pendataan ulang penduduk, cukup meng-crosscheck ulang data dari KPU,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data pemilih di ruang kerjanya, Kamis (26/11/15).

Hanya saja Asep mengaku KPU Kotamobagu belum bisa memastikan apakah pihaknya akan memberikan data pemilih tersebut ke panitia Pilsang/Pilkades? “Kami masih menunggu konfirmasi atau ijin dari KPU Provinsi Sulawesi Utara mau pun KPU RI, karena ini menyangkut dokumen dan data negara,” tegas komisioner berlatar jurnalis ini.

Ketua Divisi Data Informasi KPU Provinsi Sulawesi Utara, Zulkifli Golonggom, yang dikonfirmasi mengatakan boleh saja pilkades menggunakan data KPU, karena memang itu sudah menjadi konsumsi publik.

“Apalagi sekarang data pemilih kan sudah bisa diakses di website KPU. Jadi silakan saja kalau panitia pilkades menggunakan data KPU. Dan kalau kemudian ada pemilih tambahan dibuatkan daftar tersendiri. Persoalan pemilih memang dinamis dan selalu berubah-ubah,” jelas Zulkifli.

Sebagaimana diketahui, Desember 2015 ini beberapa desa di Kota Kotamobagu akan menggelar pemilihan sangadi atau kepala desa. Tercatat ada 15 desa di Kotamobagu yang akan melakukan pemilihan pemimpin di tingkat desa tersebut, diantaranya Pontodon, Pontodon Timur, Bilalang I, Sia, Kopandakan I, Poyowa Besar I, dan Moyag Tampoan. (**)

Leave a Reply