Home / Berita / Pilkada 2018 Tanpa Pemantau

Pilkada 2018 Tanpa Pemantau

KOTAMOBAGU – Hingga akhir masa kampanye Sabtu (23/06/18) hari ini tidak ada satu lembaga pemantau pun yang akan memantau jalannya pemungutan suara Pilkada Kota Kotamobagu, Rabu 27/06/18) mendatang.
“Kepastian ini saya peroleh dari sub bagian hukum KPU Kota Kotamobagu. Mereka menegaskan tidak ada pemantau yang mendaftarkan diri pada Pilkada tahun ini,” kata Asep Sabar, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi perencanaan dan data di kantornya.
Menurut Asep, pihak KPU sudah membuka kesempatan pribadi atau lembaga pemantau yang akan melakukan aktivitasnya di Pilkada Kota Kotamobagu sejak April 2018 lalu. “Hanya saja sampai sekarang tidak ada satupun yang mendaftar, baik lembaga maupun perorangan.”
Padahal, masih kata Asep, KPU memberikan kemudahan persyaratan bagi siapa saja yang akan melakukan pemantauan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Tahun 2018. “Sejak April 2018 kami sudah mengumumkan. Persyaratannya antara lain berbadan hukum, memiliki sumber daya manusia untuk memantau, serta sumber dana mandiri yang artinya tidak boleh dari pihak yang berafiliasi dengan kandidat.”
Mengapa harus ada persyaratan seperti itu? Karena kualitas pemantau tidak dapat dipertanggungjawabkan kesahihannya bila mereka partisan atau berafiliasi dengan kandidat. Nanti malah akan merusak kualitas demokrasi.
Kalau mau jujur, kata Asep, sebenarnya sedih juga Pilkada Kota Kotamobagu 2018 tanpa adanya pemantau. “Karena aktivitas memantau itu sebenarnya bagian dari partisipasi pemilu. Sehingga, berkurangnya minat pemantau menandakan berkurangnya pula partisipasi politik warga. Padahal, semakin banyak yang terlibat dalam pemantauan, akan semakin baik partisipasi masyarakat.” (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …