Petugas PPDP Pusing Validasi DPS

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu melalui petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) terus melakukan proses pemuktahiran data pemilih untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota kotamobagu.

Namun para petugas mengaku pusing tujuh keliling saat memvalidasi daftar pemilih sementara (DPS) ini. Pasalnya, sejumlah nama di beberapa kelurahan yang ada dalam daftar setelah dicek, tidak ada. “Dalam satu kelurahan bisa mencapai ratusan. Salah satu contoh di Pobundayan dan Genggulang. Dan ini bikin pusing petugas di lapangan,” ujar Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan.

Sehingga itu kata Nayodo, pihaknya harus benar-benar memvalidasi nama-nama pemilih tersebut. Karena sambung Nayodo lagi, biasanya daftar pemilih ini menjadi sengketa dalam sejumlah pemilihan kepala daerah (Pemilukada) yang berujung di Mahkamah Konstitusi (MK). “Daftar pemilih ini bisa menjadi senjata pasangan calon yang menggugat,” katanya.

Dijelaskannya, daftar pemilih tersebut berdasarkan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dari Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Kotamobagu. “Kami akan melakukan pertemuan dengan Discapilduk untuk membahas daftar nama-nama tersebut. Jangan sampai daftar pemilih ini menjadi masalah nantinya. Makanya para petugas PPDP harus mendata satu per satu atau secara faktual dan harus mencari nama-nama yang ada dalam daftar tersebut,” jelasnya.

“Untuk itu diimbau kepada seluruh masyarakat Kota Kotamobagu untuk proaktif dan membantu petugas PPDP dalam melakukan pendataan pemilih ini agar proses Pilwako Kotamobagu ini berjalan aman, lancar dan sukses,” imbaunya.

Penyusunan daftar pemilih ini dilakukan dalam beberapa tahapan. KPU Kotamobagu akan melakukan pleno penetapan rekapitulasi DPT pada tanggal 19 Juni nanti atau sepekan sebelum pemungutan suara. Pemungutan suara pada Pilwako Kotamobagu akan berlangsung pada tanggal 24 Juni 2013.(*)

Leave a Reply