Home / Berita / Seriusi Pemilih di Lapas

Seriusi Pemilih di Lapas

KOTAMOBAGU – Selain pemilih masyarakat umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu juga akan memperhatikan mereka yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kotamobagu.

Menurut Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Selasa (28/01/14), pihaknya tidak akan membuka tempat pemungutan suara (TPS) khusus, tetapi akan menggeser salah satu TPS yang ada di Lapangan Kotamobagu ke lokasi yang berdekatan dengan Lapas. “Ini untuk memfasilitasi mereka yang memiliki hak pilih di Lapas,” tegas Nayodo kepada para wartawan.

Bahkan Nayodo mengaku dirinya sudah berkonsultasi dengan komisioner di provinsi terkait dengan ini. “Apalagi di wilayah Bolmong Raya hanya Kotamobagu yang memiliki Lapas, dan penghuninya tidak saja dari Kotamobagu, tapi se-Bolmong Raya” jelasnya.

Dengan demikian, masih kata Nayodo, nantinya para pemilih yang menghuni Lapas Kotamobagu hanya akan memilih DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi. “Karena itu, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan sosialisasi di Lapas terkait dengan Pemilu 2014. Mereka juga warga yang memiliki hak konstitusional, jadi harus diperhatikan. Apalagi jumlahnya cukup banyak. Soal keamanan nanti akan berkoordinasi dengan aparat,” ujar Nayodo.

Dalam sosialisasi itu juga akan disampaikan kepada warga binaan untuk segera menghubungi keluarganya dalam rangka mengumpulkan identitas baik itu KTP maupun KK agar bisa terdaftar dan memiliki hak pilih dalam Pemilu 2014 mendatang. “Namun demikian kami masih menunggu petunjuk selanjutnya dari KPU RI terkait hal ini,” pungkas Nayodo. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply