Perhatian Khusus Buat KPPS

KOTAMOBAGU – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) merupakan ujung tombak suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, saat Rakor KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara di Manado, belum lama ini. Menurut Husni, karena pentingnya posisi KPPS, maka pembekalan dan bimbingan yang komprehensif harus dilakukan oleh PPS, PPK maupun KPU secara berjenjang kepada KPPS.

“Kami memerintahkan kepada KPU secara berjenjang untuk memberikan perhatian serta prioritas khusus kepada KPPS, terutama terkait dengan kesejahteraan atau honornya,” tegas Husni saat itu.

Menanggapi hal itu, Komisioner KPU Kotamobagu yang menangani KPPS, Iwan Manoppo, mengatakan pihaknya merespon positif keinginan KPU RI tersebut.

“Sejak awal kami selalu berkomunikasi dengan PPS yang diserahi tugas oleh PKPU untuk merekrut KPPS. Bahkan kami juga banyak memberikan arahan bila ada persoalan di lapangan,” kata komisioner berlatar akademisi ini, Selasa (17/11/15).

Sementara itu, terkait dengan rekrutmen KPPS di Kotamobagu, Iwan menambahkan bahwa seluruh PPS sudah menetapkan nama-nama untuk dijadikan KPPS pada gelaran Pilkada Serentak 2015.

“Kita tinggal menunggu perintah dari KPU Provinsi Sulawesi Utara terkait dengan pelaksanaan pembekalan serta bimbingan terknis, sebelum mereka mengelola TPS saat pemungutan suara 9 Desember 2015 mendatang.” (**)

Leave a Reply