Penetapan Pasangan Calon Bakal Tertunda

KOTAMOBAGU– Penetapan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Cawali dan Cawawali) Kotamobagu periode 2013-2018 yang sedianya digelar 8 Mei 2013, kemungkinan akan bergeser. Hal ini dikarenakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu masih menunggu hasil verfikasi dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kotamobagu.

“Verfikasi berkas dan pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon sudah selesai. Hanya saja masih ada beberapa hal yang perlu verifikasi oleh pihak Panwaslu, termasuk tanggapan masyarakat terhadap pasangan calon,” ujar Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Kurniawan.

Menurut Nayodo, penundaan rapat pleno penetapan pasangan calon peserta Pilwako ini masih dimungkinkan. Tapi beberapa tahapan yang waktunya sudah ditentukan, tidak bisa diganggu gugat lagi. Seperti tahapan kampanye, masa tenang, dan pemungutan suara.

“14 hari sebelum pemungutan suara sudah tidak bisa diubah lagi. Tapi sebelum itu, jadwal bisa saja bergeser apabila memang ada hal-hal yang sangat krusial. Contohnya, verifikasi yang dilakukan oleh Panwaslu saat ini bisa saja membuat bakal pasangan calon tidak bisa ditetapkan sesuai tahapan,” jelas Nayodo.

Selain itu, alasan lainnya terkait pengamanan. Sesuai jadwal yang ada, penetapan calon tersebut bersamaan dengan pemungutan suara bupati dan wakil bupati kabupaten Bolmut untuk periode 2013-2018.

Terpisah, komisioner Panwaslu Kotamobagu Ivan B Tandaju, mengatakan ada laporan masyarakat yang masuk ke Panwaslu terhadap salah satu pasangan calon, sehingga pihaknya masih akan memintai keterangan terhadap sejumlah saksi berkaitan dengan laporan masyarakat tersebut.

“Laporan masyarakat itu masih akan diproses. Kami juga akan memanggil saksi-saksi serta berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait perihal laporan itu. Kapan finalisasinya, belum bisa dipastikan,” terang Ivan sembari menambahkan pihaknya belum bisa menyampaikan tanggapan dari masyarakat tersebut.(*)

Leave a Reply