Penertiban APK ‘Mandul’

KOTAMOBAGU – Penertiban alat peraga kampanye (APK) yang berlangsung Sabtu (08/03/14) tidak seperti biasanya.

Pemicunya hanya gara-gara ketidakhadiran tim Kesbang Pol Kotamobagu. Akibatnya terjadi saling lempar tanggungjawab antara Polisi Satuan Pamong Praja (Satpol PP) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Kotamobagu maupun kecamatan yang dipimpin Agus Paputungan dan Ivan Tandayu.

Melihat gelagat itu, Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, bersama dua komisioner lainnya Asep Sabar dan Iwan Manoppo, terpaksa mengambil inisiatif dengan cara mencopot dan menurunkan sendiri APK partai politik yang terpasang di pohon pelindung.

“Tidak ada guna turun dengan kekuatan penuh, namun ketika eksekusi semuanya lepas tangan saling lempar tanggungjawab. Nah, dari pada saling lepas tanggungjawab seperti itu, lebih kita yang turun langsung,” tegas Nayodo diiyakan Asep dan Iwan.

Meski demikian, penertiban tetap berjalan. Namun hanya terfokus pada APK yang menggunakan fasilitas umum seperti pohon perindang dan tiang listrik. Menurut Ivan Tandayu, tim harus bertemu kembali untuk lebih mempertegas penertiban, jangan sampai saling lepas tanggungjawab.

“Padahal pada penertiban sebelumnya sudah bagus dan terkoordinasi dengan baik. Nanti ini dia baru seperti ini.” (**)

Leave a Reply