Home / Berita / Pendukung Ditambah, Debat II Sukses

Pendukung Ditambah, Debat II Sukses

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Debat Pasangan Calon Pilkada Kota Kotamobagu Tahun 2018 berlangsung lancar dan sukses. Bahkan penambahan massa pendukung yang ada di dalam Gedung tak mempengaruhi jalannya debat.
“Soal yel-yel atau teriakan-teriakan dukungan itu biasa dan semuanya bisa berjalan dalam koridor, tidak ada dari massa pendukung pasangan calon yang anarkis atau bertindak diluar kendali,” kata Iwan Manoppo, komisioner KPU Kota Kotamobagu sekaligus penanggungjawab debat, di Ballroom Sutanraja Hotel Kotamobagu, Sabtu (05/05/18).
Masih kata Iwan, pelaksanaan debat kali ini memang menarik, karena beberapa hari sebelumnya sempat terjadi diskusi terkait dengan lokasi acara. “Pada awalnya kami memang akan laksanakan debat di Gedung DPRD Kota Kotamobagu sebagaimana debat pertama. Tapi karena kesibukan dan agenda dewan yang padat, kami mencari tempat lain. Tapi semuanya sudah selesai dan pelaksanaan debat kedua ini sukses,” jelas Iwan.
Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Kotamobagu, Nova Tamon, berharap debat terbuka pasangan calon walikota dan wakil walikota yang digelar KPU Kota Kotamobagu jangan hanya jadi acara ceremony dan tahapan pilkada saja, tapi bisa jadi ajang sosialisasi program pasangan calon yang didengar dan disaksikan langsung oleh masyarakat Kota Kotamobagu. “Sehingga masyarakat yakin apa yang dipilihnya adalah pemimpin yang sesuai dengan keinginannya,” tegas Nova.
Kepada media ini, Asep sabar, komisioner yang membidangi perencanaan dan data mengingatkan kepada para wajib pilih yang belum terdaftar di DPT segera berkoordinasi dengan PPS maupun PPK, atau langsung ke KPU Kota Kotamobagu dengan membawa identitas berupa KTP elektronik dan kartu keluarga (KK). “Masih ada tahapan berikutnya, yakni daftar pemilih tambahan (DPTb) untuk mengakomodir mereka yang belum terdaftar namun sudah memiliki identitas.”
Sementara untuk wajib pilih yang belum terdaftar dan belum memiliki identitas segera melapor ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk direkam. “Hasil perekaman itu yang nantinya bisa disampaikan ke PPS, PPK atau KPU Kota Kotamobagu untuk kemudian dimasikkan ke DPTb. “Sayangi suara anda. Karena itu gunakan hak-hak yang diberikan Tuhan dan negara dalam pilkada 2018 dengan sebaik-baiknya, tanpa harus golput.”
Para Panelis yang tampil pada debat sesi terakhir kali ini sebanyak lima orang, yakni; (1). Dr. Drs. Michael Mamentu, M.A, (2). Dr. Drs. Erens Sanggelorang, M.Psy, (3). Dr. Ferry Daud Liando, S.IP, M.Si, (4). Dr. dr Taufik Passiak, M.Pd, M.Kes, dan (5). Dr. Dra. Joyce Rares, M.Si, serta dipandu langsung moderator Presenter KOMPAS TV Biro Manado; Angie Kuntag.
Pada debat sesi kedua dengan tema “Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik” kali ini para pasangan calon secara detail memaparkan konsep pemerintahan yang akan diterapkan jika nanti terpilih pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Kotamobagu Tahun 2018 ini. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …