Pendaftaran Pemilih Tambahan Dibuka

KOTAMOBAGU – Mulai Selasa- (13/10/15) hingga Selasa (20/10/15) pekan depan, KPU Kotamobagu membuka pendaftaran wajib pilih yang berlum terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT).

Menurut Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data pemilih, sesuai jadwal di PKPU Nomor 2 Tahun 2015, mulai 13-20 Oktober adalah waktu pendaftaran pemilih tambahan, tanggal 21-23 Oktober rekapitulasi DPTb-1 tingkat kelurahan/desa, tanggal 24-26 Oktober rekap tingkat PPK, tanggal 27-28 Oktober rekap tingkat kabupaten/kota dan tanggal 29-30 Oktober rekap tingkat provinsi.

“Karena itu kami berharap kepada warga yang belum terdaftar di DPT segeralah untuk mendaftarkan diri, bisa melalui PPS, PPK atau bahkan langsung ke KPU Kotamobagu dengan membawa identitas lengkap, seperti KTP dan Kartu Keluarga,” kata Asep di ruang kerjanya, Senin (12/10/15).

Kepada media ini, Asep berharap semua pihak untuk saling menginformasikan terkait dengan dibukanya pendaftaran pemilih tambahan dalam rangka Pilgub Sulut Tahun 2015 ini. “Hal ini penting untuk disampaikan agar tidak ada lagi warga yang masuk kategori wajib pilih tidak bisa menggunakan hak pilihnya lantaran tidak terdaftar,” ujar komisioner berlatar jurnalis ini.

Namun demikian, masih kata Asep, bukan berarti KPU tidak memberikan peluang bagi warga yang tidak terdaftar untuk memilih.

“Di aturan dijelaskan bahwa bagi pemilih yang belum juga terdaftar di DPTb-1 masih ada kesempatan yakni dengan membawa KTP saat hari H pemungutan suara. Tapi itu diprioritaskan hanya bagi warta setempat.” (**)

Leave a Reply