Pendaftaran Calon Legislatif Pemilu 2014 Segera Dibuka

KPU KOTAMOBAGU – Di tengah-tengah berjalannya Tahapan Pilwako Kotamobagu 2013, Komisi Pemilihan Umum Kota Kotamobagu akan segera membuka pendaftaran pencalonan anggota DPRDKabupaten/Kota pada Pemilu Legislatif Tahun 2014. Pendaftaran pencalonan sesuai dengan jadwal akan dimulai pada tanggal 9 s/d 22 April 2013. Hal tersebut dijelaskan dalam Sosialisasi Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota di Gedung Media Center pada tanggal 27 Maret 2013.

Jangka waktu pendaftaran pencalonan disebutkan dalam Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2013 mengenai perubahan keempat tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Dalam perubahan tersebut menyebutkan salah satu perubahan mengenai waktu pendaftaran yang semula tanggal 9 s/d 16 April 2013 diubah menjadi tanggal 9 s/d 22 April 2013. Sedangkan mengenai teknis pencalonan anggota legislatif, KPU telah menerbitkan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Dalam sosialisasi tersebut Ketua KPU Kota Kotamobagu menghimbau kepada 12 partai peserta Pemilu 2014 untuk dapat mempersiapkan kader terbaiknya dalam pencalonan. “Diharapkan bagi tiap partai untuk sangat selektif pada saat penjaringan bakal calon. Jangan sampai di tengah jalan mengundurkan diri dari pencalonan” tegas Nayodo Koerniawan saat menjelaskan tentang peraturan tersebut. “Jika sampai mengundurkan diri yang bersangkutan tidak bisa digantikan, sehingga merugikan partai itu sendiri”

KPU Kota Kotamobagu sebagai kepanjangan tangan dari KPU juga mempunyai kewajiban dalam mempersiapkan pendaftaran untuk pencalonan anggota DPRD tingkat Kabupaten/Kota. Bagi partai yang ingin mendapatkan formulir pendaftaran pencalonan dan peraturan-peraturan mengenai pencalonan dapat mengunduh di halaman unduh.

 

Leave a Reply