Pemkot Siap Membantu KPU Mengenai Permasalahan Dalam DPS

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Kotamobagu mengundang KPU Kota Kotamobagu dan PPS Se-Kota Kotamobagu dalam rangka tindak lanjut dari rapat bersama KPU Kotamobagu, Disdukcapil, dan PPS di Kantor KPU Kotamobagu mengenai permasalahan dari beberapa desa dimana dalam proses pemutakhiran data banyak nama-nama yang tidak jelas keberadaannya.

Dalam acara yang dilaksanakan di Aula Pemerintah Kota Kotamobagu ini, tampak hadir asisten III Bidang Administrasi Umum Dra. Djumiaty Makalalag dan Kepala Dukcapil Refly Mokoginta, SE. Pertemuan ini merupakan langkah yang partisipatif dari Pemerintah Kota Kotamobagu demi suksesnya pelaksanaan Pilwako Kotamobagu 2013 yang kurang sekitar sebulan lagi akan digelar. Daftar Pemilih Sementara yang merupakan cikal bakal Daftar Pemilih Tetap diharapkan menjadi data pemilih yang benar-benar mutakhir dan akurat.

“KPU Kotamobagu melalui PPS dan PPDP tidak dapat sembarangan menghapus daftar pemilih yang tidak jelas dan nama-nama yang pindah tetapi belum mengurus surat pindah. Itu adalah kewenangan Disdukcapil” terang Adati.

Sekretaris KPU Kotamobagu, Moch. Agung Adati, ST.,M.Si. juga mengusulkan kepada Pemkot agar kiranya nama-nama yang tidak jelas tersebut untuk ditindaklanjuti dengan mengkroscek keberadaan nama-nama yang tidak jelas keberadaannya tersebut dengan data Nomor Induk Kartu Keluarga. Pengecekan melalui Nomor Induk Kartu Keluarga tersebut hanya dapat dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil selaku pihak yang berwenang dalam pembuatan Kartu Keluarga. Hal tersebut dirasa angat penting karena dengan mengetahui keberadaan keluarganya akan membantu dalam identifikasi keberadaan yang sebenarnya.

Gayung bersambut, Pemkot melalui Disdukcapil mengapresiasi usulan tersebut dengan meminta seluruh data nama-nama yang tidak jelas keberadaannya tersebut untuk dilakukan pengecekan dan menginstruksikan kepada seluruh Lurah/Sangadi Se-Kota Kotamobagu yang menghadiri pertemuan tersebut untuk dapat membantu PPS dan PPDP di wilayah masing-masing dalam proses pemutakhiran data pemilih.

 

Leave a Reply