Peminat Calon Anggota KPU KK Membludak

KOTAMOBAGU – Sejak pengumuman pendaftaran calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu dibuka, jumlah orang yang mengambil formulir tercatat sudah mencapai puluhan orang. Dari data yang diperoleh hingga Kamis (25/04) kemarin, jumlah pengambil formulir telah mencapai 87 orang. Satu diantaranya telah mengembalikan berkas atas nama Muhammad Jabir, seorang Peneliti Politik dari Lintas Nasional. Jumlah itu diprediksi akan terus bertambah karena hari pengambilan formulir masih dibuka hingga Sabtu 27 April 2013.

“Peminat jadi calon anggota KPU Kotamobagu memang tinggi,” ujar ketua tim seleksi (Timsel) Wendy Kusumawati Paputungan bersama Drs.Samsul Mokoginta M.Si, Santi Isa S.Pd, Sofyan Suratinoyo ST, Maria Tulusan SE,M.Si.

Menurut Wendy banyaknya warga yang mengambil formulir mempunyai hak yang sama untuk menjadi anggota KPU. “Tidak dapat kita prediksi siapa saja bakal calon anggota KPU yang akan terpilih nanti,” katanya.

Anggota timsel Sofyan Suratinoyo menambahkan puluhan orang itu baru sebatas mengambil formulir saja dan belum diketahui pasti berapa orang yang akan mengembalikan. Katanya, setelah pendaftaran selesai dan bakal calon sudah mengembalikan berkasnya sesuai jadwal yang telah ditetapkan, maka pihaknya akan melakukan verifikasi administrasi dan dalam penyeleksian tersebut dilakukan secara teliti. “Harus teliti. Karena semua syarat yang dicantumkan harus dipenuhi. Jika tidak, akan berpengaruh pada verifikasi administrasi nantinya,” terangnya.

Sementara timsel lainnya, Samsul Mokoginta, menilai positif tingginya animo masyarakat menjadi personil KPU. “Lebih banyak lebih baik. Agar proses seleksi benar-benar menghasilkan anggota KPU terbaik,” kata mantan Kepala Bappeda Kabupaten Bolmong ini.

Adapun batas pengembalian berkas berakhir Sabtu pukul 16.00 Wita. “Pokonya pengembalian berdasarkan aturan. Lewat dari itu ditutup, dan tidak akan menerima lagi pengembalian,” timpal Suratinoyo menutup pembicaraan. (*)

Leave a Reply