Home / Berita / Pemilih Pemula Kotamobagu 2.125 Orang

Pemilih Pemula Kotamobagu 2.125 Orang

KOTAMOBAGU – Terdata per Januari hingga Desember 2016, jumlah pemilih pemula di Kota Kotamobagu berjumlah 1.125 orang.
Angka tersebut, menurut Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi perencanaan dan data, diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu.
“Dalam tahapan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan kami diminta untuk berkoordinasi dengan Disdukcapil terkait dengan perkembangan pemilih pemula,” kata Asep di ruang kerjanya, Rabu (11/01/17) pagi.
Dari data yang masuk ke KPU Kota Kotamobagu, masih kata Asep, terbanyak berada di Kecamatan Kotamobagu Barat, yakni 837 orang. Kemudian Kecamatan Kotamobagu Timur sekitar 512 orang, Kecamatan Kotamobagu Selatan berjumlah 506 orang dan Kecamatan Kotamobagu Utara sebanyak 270 orang.
“Yang perlu dipahami angka terus masih akan bergerak. Karena itu daftar pemilih sifatnya dinamis dan selalu bergerak sedinamis penduduk itu sendiri. Karena bukan tidak mungkin tiap hari selalu saja ada pemilih yang memasuki usia 17 tahun dan sebagainya,” jelas Asep.
Sebagaimana diketahui, akhir Desember 2016 lalu, KPU Kota Kotamobagu dan Dinas Dukcapil Kota Kotamobagu sudah bersepakat untuk terus saling berkoordinasi terkait dengan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan yang MoU-nya sudah ditandatangani langsung oleh Menteri Dalam Negeri dan Ketua KPU RI di Jakarta.
“Kami siap kapan saja memberikan data terkait daftar pemilih sebagaimana dibutuhkan oleh KPU, sejauh itu bisa kami lakukan. Apalagi sekarang sementara persiapan menghadapi Pilkada Serentak 2018,” tegas Kadis Dukcapil Kota Kotamobagu, Virgina Olii, beberapa waktu lalu. **

Tabel.

Rekapan Pemilih Pemula Kotamobagu Per Tahun 2016

NO

KECAMATAN

JUMLAH

1.

Kotamobagu Utara

270

2.

Kotamobagu Timur

512

3.

Kotamobagu Selatan

506

4.

Kotamobagu Barat

837

JUMLAH

2.125

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …