Pemilih KK 84 Ribu Lebih

KOTAMOBAGU – Sebanyak 84.438 wajib pilih yang masuk dalam kategori pemilih pada gelaran Pemilukada Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2015 di Kotamobagu.

“Namun demikian, data pemilih tersebut masih bisa berubah karena selain diselaraskan dengan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) akan dicocokan dan diteliti oleh PPDP,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data pemilih di ruang kerjanya, Kamis (25/06/15).

Data tersebut, lanjut Asep, akan dicocokan dan diteliti ke lapangan dengan mendatangi rumah-rumah penduduk untuk memastikan keberadaan wajib pilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang akan bertugas pada setiap desa/Kelurahan.

“KPU tidak bisa menghapus pemilih, meskipun ada fakta yang bersangkutan sudah meninggal. Penghapusan tersebut tetap dilakukan oleh pemerintah. Termasuk untuk mengeliminasi pemilih ganda, TNI/Polri yang pensiun, atau menambahkan pemilih yang telah berusia 17 tahun terhitung hari pelaksanaan pemungutan suara 9 Desember 2015,” jelasnya.

Asep menambahkan, Pemilukada Gubernur Sulut Tahun 2015 di Kotamobagu diikuti oleh empat Kecamatan, 33 Desa/Kelurahan, 241 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Untuk melayani pemilih menggunakan hak pilihnya, akan difasilitasi oleh penyelenggara pemilu adhoc sebanyak 99 orang PPS dan 20 orang PPK.

Untuk tingkat TPS nantinya akan direkrut sebanyak 2.387 petugas terdiri dari enam orang anggota KPPS ditambah satu orang Linmas, total tujuh petugas KPPS, serta akan didukung 241 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Tahun 2015 mendatang, kegiatan PPK, PPS, KPPS dan PPDP tersebut akan dikendalikan sepenuhnya Komisioner KPU Kabupaten/Kota sebagaimana tugas, tanggungjawab dan wewenang berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya. (**)

Leave a Reply