Pekan Ini Hasil Verifikasi Tahap I

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu tengah kerja ekstra menyelesaikan verifikasi tahap satu (administratif) berkas bakal pasangan calon yang dimasukkan saat pendaftaran, lalu. Direncanakan, hasil verifikasi administratif ini akan selesai minggu ini dan akan langsung disampaikan kepada masing-masing bakal pasangan calon.

“Kita kerja 1×24 jam untuk meneliti seluruh berkas pendaftaran. Verifikasi administratif ini sudah dilakukan sejak Senin (18/3). Bila sudah selesai, maka langsung dikirimkan ke masing-masing bakal pasangan calon. Termasuk, bila masih ada berkas yang harus dilengkapi,” kata Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan.

Baginya, verifikasi administratif ini sangat penting bagi bakal pasangan calon, apakah akan menjadi peserta di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Kotamobagu atau tidak. “KPU juga harus sangat ekstra hati-hati, karena ancamannya hukuman penjara, bila salah dalam verifikasi. Setelah ini selesai, baru dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan. Setelah itu, dilakukan verifikasi tahap II, yakni faktual,” ujarnya.

Jika tidak ada aral melintang, Kamis (21/3) nanti, verivikasi untuk tahap pertama ini telah rampung. KPU akan menyerahkan semua hasil, termasuk Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) yang mengurai kronologis dan tata cara pemeriksaan. “Ada sekira 24 item yang kami periksa dan akan diurai dalam berita acara. Itu untuk mempermudah bagi bakal pasangan calon mengetahui apa yang saja kekurangan mereka pada berkas pencalonan tersebut,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply