Pekan Depan Periksa Kesehatan

KOTAMOBAGU— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu baru saja menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulut, terkait pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu.

Penandatangan MoU dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof Kandou, Manado, antara Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan dengan Ketua IDI Sulut Dr BJ Waleleng SpPD-KGEH. “Tadi (kemarin, red) baru selesai penandatanganan. Anggaran yang kami siapkan sekira Rp200-an juta untuk pemeriksaan jasmani dan rohani pasangan bakal calon,” kata Nayodo. Disebutkan, dalam MoU tersebut pemeriksaan kesehatan akan dimulai Senin (22/4) hingga Rabu (24/4).

“Pemeriksaan akan diawali dengan penyampaian dari tim dokter perihal pemeriksaan jasmani dan rohani. Pasangan bakal calon akan mulai diperika pada Selasa,” sebutnya. Disinggung berapa pasangan bakal calon yang akan mengikuti pemeriksaan kesehatan, Nayodo mengaku kemungkinan kelima pasangan. “Kemungkinan kelima-limanya akan ikut,” kata Nayodo. Hanya saja, tambah Nayodo, bila dalam pemeriksaan kesehatan nanti, ditemukan penyakit lain yang perlu ditindaklanjuti lebih lanjut, itu sudah tidak menjadi kewenangan KPU dalam pembiayaannya. “Itu sudah menjadi kewenangan yang bersangkutan,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply