Home / Berita / Paslon Harus Jujur Laporkan Dana Kampanye

Paslon Harus Jujur Laporkan Dana Kampanye

KOTAMOBAGU – Setelah penetapan calon yang diikuti dengan pengundian nomor urut pasangan calon (paslon), tim kampanye diwajibkan untuk memasukkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) kepada KPU Kota Kotamobagu.
“LADK tersebut diumumkan dan dipublikasikan kepada publik pada hari ini Kamis, 15 Februari 2018,” tegas Amir Halatan, Ketua Divisi Hukum KPU Kota Kotamobagu saat dihubungi via handphone pagi ini.
Terkait LADK, kata Amir, diharapkan kepada tim kampanye dan paslon untuk jujur dalam menyampaikan LADK. “LADK merupakan gambaran kemampuan keuangan awal yang akan digunakan paslon untuk berkampanye. Laporan juga merupakan titik pijak penilaian komitmen akuntabilitas dan transparansi paslon dalam melaporkan sumbangan dan pengeluaran dana kampanye di akhir pelaksanaan kampanye,” tegas Amir.
KPU Kota Kotamobagu saat rakor beberapa hari sebelumnya juga sudah meminta kedua tim kampanye untuk transparan dan jujur dalam melaporkan LADK.
“Termasuk juga untuk mengungkapkan nominal uangnya di dalam laporan ini. Jangan sampai LADK hanya menjadi syarat formil dan pemenuhan administratif saja. LADK harus jadi momentum untuk mewujudkan transparansi dan integritas dalam pelaksanaan Pilkada 2018,” tegas Nova Tamon, Ketua KPU Kota Kotamobagu.
Dari LADK yang dimasukkan kedua tim pemenangan, tergambarkan bahwa saldo di rekening khusus paslon Nomor Urut 1 yakni Tatong Bara-Nayodo Koerniawan sebesar Rp.1 juta. Dana sebesar itu berasal dari penerimaan pasangan calon. Sementara untuk paslon Nomor Urut 2 atasnama Jainudin Damopolii-Suharjo Makalalag mencatat saldo di rekening khusus sebesar Rp.1 juta. Namun tidak dijelaskan dari mana dana sebesar itu.
kepada KPU Kota Kotamobagu tim pemenangan JADI JO memasukkan rekening koran dari bank Sulut GO cabang Kotamobagu. Di rekening tersebut tertera ada setoran tunai pada tanggal 12 Februari 2018 sebesar Rp.1 juta dan sumbangan sebesar Rp10 juta dari Ahmad Syafriel. Sehingga saldo akhir di rekening tersebut sebesar Rp.11 juta. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …