Home / Berita / Paslon 02 Tak Masukkan LADK

Paslon 02 Tak Masukkan LADK

KOTAMOBAGU – Ada yang menarik di detik-detik terakhir batas pemasukan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) bagi Parpol yang memasukkan calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Kotamobagu dan tim pemenangan pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden, Minggu (23/09/18).
Adalah tim pemenangan Paslon Nomor 02 atas nama Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno hingga penutupan tidak memasukkan LADK ke KPU Kota Kotamobagu. “Mereka datang membawa dokumen sudah melewati batas waktu, yakni pukul 18.15 wita. Sehingga kami dan Bawaslu Kota Kotamobagu tidak bisa lagi melayani,” tegas Amir Halatan, Anggota KPU Kota Kotamobagu.
Amir mengaku pihaknya sudah berulang-ulang kali mengingatkan agar memasukkan LADK tepat waktu. “Dua kali kami melakukan pertemuan dengan parpol, yakni ketika bimbingan teknis dan rapat koordinasi persiapan pemasukan LADK,” jelas Amir diiyakan dua komisioner lainnya; Asep Sabar dan Ridwan Kalauw.
Bahkan saat menit-menit terakhir batas waktu penutupan pemasukkan LADK, Amir sempat menghubungi semua pihak yang masuk dalam tim pemenangan pasangan Prabowo-Sandi yang disaksikan langsung salah satu personil Bawaslu Kota Kotamobagu; Ivan Tandayu serta pengurus dan penghubung parpol yang sementara antri menunggu berita acara penerimaan LADK dari KPU Kota Kotamobagu.
“Tim pemenangan Paslon Nomor 01 atas nama Joko Widodo-Ma’ruf Amin sudah lebih dulu memasukkan LADK bersamaan dengan LADK PDI Perjuangan, sekitar pukul 16.00 wita.”
Menanggapi hal tersebut, Asep Sabar, menegaskan KPU Kota Kotamobagu belum bisa terlalu jauh menanggapinya. “Kami masih harus berkonsultasi, baik ke KPU Provinsi Sulawesi Utara maupun KPU RI. Karena sebagaimana kita ketahui menyangkut Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden ditangani langsung oleh KPU RI.”
Hal yang sama juga disampaikan Ivan Tandayu dari Bawaslu Kota Kotamobagu. Menurut dia semuanya diserahkan ke KPU Kota Kotamobagu. “Karena mereka (KPU Kota Kotamobagu, red) pasti akan berkoordinasi serta berkonsultasi secara berjenjang ke atas. Kami hanya sebatas mengawasi saja apapun keputusan yang akan diberlakukan nanti.”
Sementara itu untuk LADK parpol, hingga batas waktu penutupan, sebanyak 14 parpol resmi memasukkan laporannya. “Hanya dua parpol yang terdaftar di Kota Kotamobagu namun tidak memasukkan LADK, karena memang mereka tidak memasukkan caleg-nya, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Garuda.”
Yang menarik, dua parpol yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) nyaris didiskualifikasi lantaran datang ke KPU Kota Kotamobagu mendekati saat-saat penutupan. PAN tercatat pukul 17.57 wita, sementara Perindo tepat pukul 18.00 wita. “Terlewat beberapa saat saja kedua parpol PAN dan Perindo langsung dinyatakan didiskualifikasi,” tegas Ivan Tandayu yang mengawasi langsung jalannya pemasukkan LADK. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …