Partisipasi Turun, PPS Diminta Serius

KOTAMOBAGU – Menurunnya tingkat partisipasi politik pada pemilu legislatif (pileg) 2014, menjadi perhatian khusus Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu.

Menurut Asep Sabar, komisioner yang menangani data informasi dan hubmas, ketika memberikan pengantar pada sosialisasi PKPU Nomor 9/2014 tentang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Sabtu (27/04/14), KPU sangat berharap panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk bekerja maksimal.

“Dari hasil rekapitulasi, ternyata indikator pemilih ganda menjadi salah satu penyebab mengapa tingkat partisipasi politik kita di pemilu legislatif menurun dibandingkan pemilu yang sama lima tahun lalu,” kata Asep.

Karena itu dia berharap kepada penyelenggara ditingkat bawah untuk benar-benar menyisir kembali para pemilih langsung ke rumah-rumah. “Pemutakhiran data pemilih presiden tidak lagi melalui pantarlih, tapi langsung ditangani PPS dan dikoordinasikan dengan PPK. Bahkan waktu yang diberikan pun sangat singkat hingga dengan tanggal 30 April lusa.”

Meski waktu yang singkat, Asep percaya PPS bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. “Pengalaman pemutakhiran data pileg bisa menjadi acuan dan pengalaman berharga dalam menyusun daftar pemilih pilpres.”

Sementara itu, Iwan Manoppo, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi sosialisasi dan pendidikan pemilih pemula, mengatakan pihaknya masih menunggu juknis terkait sosialisasi yang akan dilakukan oleh para relawan demokrasi.

“Sudah pasti mekanisme sosialisasi pileg dengan pilpres berbeda, karena itu kami masih menunggu petunjuk dari Jakarta,” kata Iwan yang juga akademisi di sebuah perguruan tinggi ternama di Kotamobagu ini.

Bahkan Iwan menegaskan bahwa menurunnya tingkat partisipasi politik pada pileg akan menjadi acuan dan pemicu semangat untuk lebih proaktif dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami sudah punya strategi dan taktik bagaimana mengajak masyarakat untuk memilih di pilpres mendatang,” pungkas Iwan kepada media ini di ruang kerjanya, Senin (28/04/14). (**)

Leave a Reply