Home / Berita / Partisipasi Politik Masyarakat Menurun?

Partisipasi Politik Masyarakat Menurun?

KOTAMOBAGU – Meski masih data sementara, paling tidak formulir C1 yang sudah masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, bisa digambarkan bahwa angka partisipasi politik masyarakat menurun drastis.

“Coret-coretan yang kami lakukan untuk sementara memang menggambarkan bahwa angka partisipasi politik masyarakat hanya 67,81 persen. Tapi angka tersebut belum termasuk suara rusak, itu hanya berdasarkan suara sah yang masuk dan tertera di formulir C1,” tegas Asep Sabar, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data informasi, di ruang kerjanya, Senin (14/04/14).

Asep mengaku pihaknya tak berani memprediksi apa yang menjadi penyebab minimnya masyarakat Kotamobagu yang memilih pada pemilihan umum legislatif (pileg) tahun ini. “Yang pasti KPU Kotamobagu

sudah berusaha semaksimal mungkin melakukan sosialisasi dan menggelar kegiatan-kegiatan lain yang terkait dengan Pemilu 2014 langsung ke masyarakat. Semuanya terpulang kepada masyarakat itu sendiri,” papar Asep.

Namun demikian Asep berharap setelah direkapitulasi akhir nanti angka partisipasi politik bisa terdongkrak dan naik. Bukan apa, Kotamobagu mendapat target tingkat partisipasi di pemilu kali ini 90 persen. “Kita tunggu saja hasil akhirnya setelah rekapan tuntas,” pungkas Asep. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply