Parpol Tak Serius Masukkan DAK

KOTAMOBAGU – Partai-partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2014 di Kotamobagu nampaknya tak serius dengan aturan yang berlaku pada Pemilu 2014 kali ini.

Bayangkan saja, hingga tadi malam hanya beberapa partai saja yang melaporkan dana alokasi kampanye (DAK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu.

“Kami sudah menyiapkan waktu full untuk memberikan kesempatan mereka melaporkan DAK, tapi sepertinya tidak sebagaimana yang diharapkan,” kata Aditya Tegela, Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, Hukum dan Pengawasan KPU Kotamobagu saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (27/12) malam.

Hingga petang kemarin, kata Aditya baru dua parpol yang sudah resmi memasukkan laporan DAK, yakni Partai Hanura dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). “Ada beberapa partai yang sudah menelpon kami, tapi hingga petang kemarin hanya dua partai itu yang ada,” jelas Aditya.

Kepada koran ini Aditya menjelaskan bahwa memang tidak ada sanksi tegas bagi parpol yang tidak memasukkan laporan DAK. “Namun demikian bila itu tidak dilakukan akan berdampak pada pelaporan DAK tahap berikutnya, karena include,” kata Aditya sambil menambahkan bahwa sesuai edaran pihak KPU masih memberikan waktu selama dua hari kepada parpol untuk segera memasukkan laporan DAK tersebut. “Apapun hasilnya setelah tenggang waktu itu kami akan langsung mempublikasikannya ke media,” pungkas Aditya. (**)