Home / Berita / Parpol Segera Bersiap Diri

Parpol Segera Bersiap Diri

KOTAMOBAGU – Meski masih delapan bulan lagi pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kotamobagu yang tahapannya dimulai Juni 2017, KPU Kotamobagu meminta partai politik (parpol) segera mempersiapkan diri.
“Jadi bagi parpol yang sudah memiliki kepengurusan jelas, legimate dan tidak berubah-ubah, diminta untuk memasukkan juga ke KPU Kotamobagu. Jangan sampai terjadi lagi seperti di daerah lain, dimana ada parpol yang memasukkan kepengurusan berbeda-beda, sehingga membingungkan,” kata Aditya Tegela, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggara, Senin (31/10/16).
Karena itu, mumpung masih panjang waktu tahapan, lanjut Aditya, pengurus parpol segera menyiapkan segala sesuatunya. “Yang perlu diketahui lagi, selain pilwako, awal 2017 juga tahapan pemilihan legislatif (pileg) memasuki tahapan verifikasi parpol.”
Sebagaimana pernah disampaikan sebelumnya, ada dua agenda besar yang harus dilaksanakan KPU Kota Kotamobagu di tahun 2017 mendatang. Pertama, tahapan Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2019. Karena sesuai amanat UU Nomor 8 Tahun 2012 tahapan penyelenggaran pemilu dimulai paling lambat 22 bulan sebelum hari pemungutan suara. Berikutnya tahapan pilkada serentak atau Pilwako Kotamobagu 2018 yang memasuki tahapan launching dan pendataan pemilih.
Karena itu KPU Kota Kotamobagu berharap Pemerintah Kota dan DPRD Kota Kotamobagu dapat bekerja sama mendukung dua agenda nasional tersebut, “salah satunya dengan memberikan dukungan anggaran yang memadai,” kata Nayodo Koerniawan, di kantornya, usai rapat pleno rutin Senin siang. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …