Parpol se-Kotamobagu Di-Bimtek Sipol

Parpol se-Kotamobagu Di-Bimtek Sipol

KOTAMOBAGU – Senin (2/10/17) hari ini KPU Kota Kotamobagu menggelar bimbingan teknis (Bimtek) tentang pendaftaran penelitian administrasi verifikasi faktual partai politik peserta Pemilu 2019.
“Berbeda dengan pemilu sebelumnya pada pendaftaran partai politik kali ini berbasis aplikasi online (daring),” kata Aditya Tegela, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi hukum dan teknis penyelenggara.
Menurut Aditya, nanti KPU Kota Kotamobagu akan membentuk tim untuk melayani pendaftaran yang akan dilaksanakan mulai Selasa (03/10/17) hingga tanggal 16 Oktober mendatang. “Meski waktunya cukup panjang kami meminta kepada parpol jangan melakukan pendaftaran injury time, karena resikonya sudah tidak ada waktu perbaikan bila ada kesalahan atau kekurangan.”
Kepada para pimpinan parpol dan operator sipol Aditya mengharapkan untuk selalu berkoordinasi dan berkomunikasi terkait pendaftaran ini. “Memang mekanisme pendaftarannya ada di KPU RI, tapi untuk tingkat kabupaten/kota tetap melakukan hal yang sama,” jelas Aditya sambil menambahkan bahwa prosentase dan persyaratan partai di Kota Kotamobagu adalah 1 persen dari jumlah penduduk Kota Kotamobagu. “Kalau penduduk Kota Kotamobagu sekarang berjumlah 122 ribu orang, berarti 1 persennya adalah 122 orang.”
Sebagaimana diketahui, untuk verifikasi parpol kali ini semua dokumen mengenai kepengusuran, keanggotaan dan dokumen parpol lainnya harus di-input ke aplikasi Sipol (system informasi partai politik). Yang meng-input dokumen-dokumen tersebut adalah operator parpol, bukan KPU. “Jadi untuk rujukan, cocok atau tidaknya lihat di Sipol saja, nggak usah lihat website seperti pilkada kemarin,” tambah Aditya.
Hadir pada acara itu Plh Ketua KPU Kota KOtamobagu, Nova Tamon, Asep Sabar, Iwan Manoppo, Aditya Tegela dan Frans TA Manoppo (Sekretaris KPU Kota Kotamobagu). Sementara dari parpol hadir seluruh parpol peserta Pemilu 2014 minus PBB, dan empat parpol baru yakni Perindo, PBR, Republik dan PSI. (**)