Parpol Penuhi Kuota 30 Persen Perempuan

KOTAMOBAGU– Aturan yang mengharuskan setiap Partai Politik (Parpol) memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan dalam daftar caleg, benar-benar ditaati. Hasil verifikasi administrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu juga belum menemukan bakal calon legislatif (Bacaleg) yang bermasalah.

Seperti diketahui, dibeberapa daerah KPU menemukan dalam DCS ada yang tak memenuhi persyaratan. Seperti caleg yang belum cukup umur, nama caleg ganda dan lain sebagainya. “Di sini kami belum menemukan hal-hal seperti itu,” ujar komisoner KPU Kotamobagu Meyti Mokoginta.

Namun Meyti mengaku, masih banyak caleg yang belum lengkap administrasinya dan hasil verifikasi tersebut telah disampaikan kepada seluruh parpol. “Adapun caleg yang berkasnya belum lengkap, KPU memberikan waktu perbaikan untuk dilengkapi mulai tanggal 9 sampai 22 Mei 2013,” ujarnya.

Setelah itu lanjut Meyti, KPU kembali melakukan verifikasi terhadap perbaikan yang dimasukkan oleh caleg atau parpol sebelum disusun dan ditetapkan sebagai Daftar Calon Sementara (DCS). “Caleg harus memperbaiki kekurangannya. Jika sampai waktunya perbaikan tidak  juga dilakukan, KPU bisa mencoret nama caleg tersebut,” tegasnya.

KPU pun berharap caleg dan parpol pro aktif melengkapi semua persyaratan pencalegan seperti yang diatur dalam peraturan.(*)

Leave a Reply