Parpol Jangan Interventi KPPS

KOTAMOBAGU – Persaingan makin sengit, pertarungan antar calon legislatif dan partai politik mulai menujukkan tensi yang memanas. Ujung-ujungnya berbagai cara dilakukan untuk memperlemah penyelenggara pemilihan umum (pemilu).

“Partai politik (parpol) saya minta untuk tidak mengintervensi pembentukan KPPS..!” tegas Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, menanggapi kabar bahwa ada beberapa anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tiba-tiba diganti oleh oknum Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Menurut Nayodo hal itu sangat tidak dibenarkan. “Kami minta panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) untuk tidak menanggapi intervensi atau ancaman apapun,” tegas Nayodo di ruang kerjanya, Minggu (23/03/14).

Bahkan dengan tegas Nayodo meminta kepada PPS untuk merekomendasi para KPPS yang akan bekerja di pemilu nanti adalah mereka yang pernah bertugas di pemilukada.

“Alasannya mereka sudah berpengalaman dan bisa dipertanggungjawabkan, serta tidak resistensi. Kecuali ada beberapa oknum KPPS dulu yang dianggap tidak baik kinerjanya dan itupun sudah direkomendasi untuk tidak dipilih lagi sebagai KPPS di pemilu ini. Dan kalau memang mereka sudah tidak mau lagi atau mundur, itu bisa dicari lain yang lebih baik.” (**)

Leave a Reply