Parpol Diminta Ikuti Aturan

KOTAMOBAGU – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, berharap ada itikad baik partai politik untuk mengikuti seluruh aturan yang berlaku, termasuk terkait dengan pelaporan dana kampanye.
Menurut Nayodo, kalau ada partai politik yang tidak melaporkan dana kampanyenya dan terbukti ada permainan uang secara inkracht, maka partai politik tersebut bisa dicoret dalam daftar peserta pemilu 2014.
“Permainan uang dimaksud diantaranya adalah pembelian suara, kampanye hitam, bagi-bagi uang serta kecurangan lain yang menyebabkan kerugian bagi peserta lainnya,” tegas Nayodo.
Sebagaimana diketahui, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI, Haydar Gumay, pernah menegaskan bahwa keterlibatan partai politik dalam tindak pidana korupsi dan pencucian uang dapat dibuktikan secara hukum melalui lembaga KPK dan pengadilan Tipikor. “Untuk kasus dua itu memang belum ada aturannya karena UU pemilu tidak mengaturnya sampai ke situ,” tegas Gumay sebagaimana diberitakan sebuah online nasional.
Namun demikian, lanjut Gumay, KPU tetap memberi ruang bagi semua pihak untuk memantau perkembangan yang terjadi di lapangan, tentunya harus disertai dengan bukti-bukti yang akurat. (**)

Leave a Reply