Parpol Belum Masukkan Daftar Calon

KOTAMOBAGU— Hingga saat ini belum ada satu Partai Politik (Parpol) yang memasukkan daftar calon untuk Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2014 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu. Padahal, pemasukkan DCS sudah dibuka sejak 9 April dan akan ditutup pada 22 April nanti.

“Belum ada Parpol yang memasukkan DCS. Tapi, kami tetap menunggu selama jam kantor mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Seluruh personil siap melayani dengan optimal,” ujar Sekretaris KPU Kotamobagu Agung Adati.

Terpisah, Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan mengakui ada beberapa Parpol yang datang untuk berkonsultasi berkaitan dengan DCS. Umumnya menanyakan syarat-syarat pencalegan. “Kami tetap konsisten dengan jadwal. Dibuka 9 April dan akan ditutup pada 22 April mendatang. Kami tidak mempermasalahkan jika Parpol memasukkan di hari terakhir, yang penting tidak melewati jam kantor. Namun, lebih cepat sebenarnya lebih baik lagi,” ujarnya.

Nayodo mengingatkan, Parpol harus cermat dalam penyusunan DCS. Selain pemenuhan kuota 30 persen perempuan, juga urutan nomornya. Calon perempuan tersebut harus berada di posisi tiga besar. “Misalnya, jika dalam satu dapil (daerah pemilihan) ada enam calon, maka antara urutan satu sampai tiga harus ada calon perempuan. Hal yang sama di tiga urutan berikutnya. Tapi boleh juga dua perempuan menempati urutan di tiga besar dari enam calon tersebut,” kata dia, menjelaskan.

Kendati belum ada satu pun partai yang memasukkan DCS, beberapa parpol memastikan menyatakan kesiapan para calonya. “Kalau untuk pemenuhan caleg atau kuota perempuan, bagi Golkar tidak masalah. Bahkan berlebihan,” ujar Sekretaris DPD II Partai Golkar Kotamobagu, Saiful Abdul Kadir.

Saiful pihaknya berencana menyerahkan DCS ke KPU Kotamobagu pada pekan depan. “Saat ini kami masih mendampingi sejumlah calon legislator untuk pemenuhan syarat adminsitrasi, seperti surat keterangan dari dokter dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK),” terang Saiful.

Senada, Ketua DPC Partai Demokrat Kotamobagu Ishak Sugeha, mengatakan partainya masih melengkapi keperluan-keperluan administrasi sebagai syarat pencalonan. “Pemenuhan calon tidak masalah. Kami sudah siap, bahkan berlebihan. Saat ini mereka (caleg) masih melengkapi syarat yang dimintakan KPU,” pungkas Ishak.(*)

Leave a Reply