Parpol Baru Sebatas Konsultasi

Parpol Baru Sebatas Konsultasi

KOTAMOBAGU – Dua hari kesempatan memasukkan dokumen syarat bagi partai politik peserta Pemilu 2019 ke KPU Kota Kotamobagu, belum dimanfaatkan oleh partai politik di Kota Kotamobagu.
Hingga hari ini belum ada satu partai politik pun yang menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) maupun KTP bagi pengurus dan anggotanya. “Mungkin problemnya karena prosedur pendaftaran ini memang harus dimulai dari pimpinan pusat, sehingga pengurus parpol yang ada di Kota Kotamobagu hanya menyesuaikan dan menyerahkan semacam salinannya ke KPU Kota Kotamobagu,” kata Aditya Tegela, penanggungjawab Sipol sekaligus komisioner yang membidangi hukum dan teknis, di kantornya, Rabu (04/10/17).
Aditya menjelaskan bahwa sebenarnya sudah ada ada beberapa pengurus partai politik Kota Kotamobagu yang sudah mendatangi KPU Kota Kotamobagu, “tapi mereka hanya sekadar mencari informasi dan mencari masukan terkait bagaimana prosedur pendaftaran tersebut.”
Menurut Aditya, dari jadwal yang sudah diputuskan bahwa pelaksanaan pemasukan dokumen ini akan dilaksanakan hingga tanggal 16 Oktober mendatang dengan waktu pemasukan mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 wita.
“Khusus untuk hari terakhir akan diperpanjang waktu pemasukan berkasnya hingga pukul 24.00 wita.”
Hanya saja, Aditya mengingatkan agar parpol tidak melakukan pendaftaran diakhir waktu tersebut, karena bila ada dokumen yang kurang dan harus dilengkapi atau diperbaiki, sudah tidak ada lagi waktu. “Ini dipastikan akan beresiko bagi partai politik, dan dokumennya tidak akan diterima bila melewati batas yang sudah ditentukan.” (**)