Panwaslu Pantau Bimtek PPS

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kotamobagu mendapat perhatian khusus dari Panitia Pengawas Pemilu (Pwnaslu) Kotamobagu.

“Kami hanya ingin mengetahui secara langsung jalannya Bimtek yang diselenggarakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU Kotamobagu,” kata Musly Mokoginta dan Asram Abdjul, Senin (15/06/15).

Keduanya mengaku kagum dengan semangat dan keseriusan para peserta mengikuti Bimtek. “Mudah-mudahan pelaksanaan Pilgub Sulut tahun 2015 di daerah ini bisa berjalan baik dan tidak ada persoalan dikemudian hari,” kata Musly yang didaulat menjadi Ketua Panwaslu Kota Kotamobagu ini.

Kepada media ini  Musly dan Asram sempat menginformasikan soal sudah dibukanya rekrutmen Panwas Kecamatan yang dimulai pada Selasa (16/05/15) hingga tiga hari kedepan. “Setelah itu akan dilakukan pemasukkan berkas langsung ke Sekretariat Sementara Panwaslu Kotamobagu di Kelurahan Mogolaing, Kotamobagu Barat. Karena itu kami berharap kepada warga Kotamobagu yang berkeinginan berpartisipasi dalam pengawasan pelaksanaan Pilgub Sulut Tahun 2015, dipersilakan mendaftar,” jelas Musly yang tercatat sebagai staf pengajar pada Fakultas Hukum Unsrat Manado ini.

Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, yang mendamping Panwaslu dalam melaksanakan tugas perdananya, mengatakan bahwa keberadaan Panwaslu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penyelenggara pemilu, dalam hal ini Pilkada Gubernur Sulut Tahun 2015.

“Karena itu kami berharap kepada PPK maupun PPS kalau mereka mau melakukan supervisi ke desa/kelurahan atau kecamatan, berikan masukan-masukan sesuai yang diminta. Mereka adalah mitra kita dalam menyelenggarakan Pilkada kali ini agar sukses dan tidak bermasalah.”

Sementara itu, pelaksanaan Bimtek bagi PPS se-Kotamobagu berjalan lancar. Meski lokasi pelaksanaan Bimtek dibagi dua tempat tidak mengurangi semangat empat komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data Informasi (Asep Sabar), sosialisasi (Iwan Manoppo), teknis penyelenggara (Aditya Tegela) dan perencanaan (Nova Tamon), secara bergantian memberikan materi didampingi personil PPK se-Kotamobagu. (**)

Leave a Reply