Panwas Siap Pantau Daftar Pemilih

KOTAMOBAGU – Terkait masih diolahnya daftar pemilih, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) berjanji akan terus memantau hingga penetapan pada 14 menjelang hari H, atau 25 Juni 2014.

“Beberapa hari ini kami akan memasukkan rekomendasi pemilih yang belum terdaftar di daftar pemilih sementara hasil pemutakhiran,” kata Ivan Tandayu, personil Panwaslu Kotamobagu kepada media ini, Rabu (28/05/14).

Menurut Iwan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, khususnya kepada komisioner yang menangani data pemilih, Asep Sabar. “Kita masih menunggu informasi dari Panwas Kecamatan. SMudah-mudahan akhir bulan ini semuanya sudah rampung, dan awal bulan datanya sudah bisa dimasukkan ke KPU,” ujar Ivan.

Menurut Ivan, saat pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) lalu banyak catatan-catatan terkait dengan daftar pemilih, karena itu di pemilihan presiden (pilpres) ini semuanya bisa dituntaskan dengan sebaik-baiknya. “Panwaslu berharap pelaksanaan pilpres bisa berjalan lancer sebagaimana halnya pileg kemarin, karena itu daftar pemilih harus terus diperbaiki agar tidak terjadi persoalan ketika penyusunan rekapitulasi nanti.”

Ivan mengaku pihaknya mendukung upaya KPU Kotamobagu untuk me-nol-kan daftar pemilih khusus (DPK) dan daftar pemilih khusus tambahan (DPKTb). “Karena itu mulai sekarang Panwaslu dan KPU terus berkoordinasi terkait dengan warga yang belum terdaftar dalam daftar pemilih yang saat ini sudah dipampang di kantor lurah dan desa se-Kotamobagu. Agar daftar pemilih tetap (DPT) nantinya benar-benar valid,” pungkas Ivan. (**)

Leave a Reply