Pantau Terus Pemilih Pemula

KOTAMOBAGU – Hasil sinkronisasi DP4 dengan DPT Pemilu 2014, terdata jumlah pemilih pemula sebanyak 1.038 orang dari total pemilih 84.438 orang.

“Angka ini masih akan berubah, karena memang persoalan penduduk itu dinamis. Angka tersebut adalah per April 2015. Itu artinya mulai Mei-Desember nanti belum dihitung,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data informasi, Kamis (02/07/15).

Asep menambahkan, data tersebut nantinya masih akan dilakukan pencocokan dan penelitian oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Bisa jadi bertambah atau berkurang, semuanya belum bisa dipastikan.”

Jadwal coklitnya, lanjut Asep, akan dilakukan mulai 15 Juli hingga 19 Agustus mendatang. “Kami sudah menyampaikan ke PPS dan PPK saat bimtek beberapa waktu lalu, untuk pemilih pemula sebaiknya dibikin data tersendiri, ini untuk menjaga jangan sampai mereka yang genap 17 tahun pada saat hari pemungutan suara akan datang ke TPS.”

Hal lainnya yang disampaikan Asep terkait dengan penyusunan data pemilih adalah pembentukan PPDP. Dalam aturan ditetapkan satu orang PPDP untuk TPS yang jumlahnya hingga 400 pemilih.

“Diatas 400 pemilih berarti ada dua orang PPDP. Pembagian kerjanya nanti akan diatur oleh KPU, agar berimbang. Misalnya ada TPS yang pemilihnya 500, maka dua orang PPDP akan diatur masing-masing mengurus 250 pemilih, bukan 400 dan 100. Ini supaya adil,” pungkas Asep di ruang kerjanya. (**)

Leave a Reply