Optimis Pemilih KK Capai 80%

KOTAMOBAGU – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, optimis tingkat partisipasi pemilih pada pemilu 2014 di daerah akan mengalami kenaikan drastis dibanding pemilu 2009 lalu.

Keyakinan Ketua KPU tiga periode itu didasari dua indicator, yakni adanya semangat penyelenggara pemilu dan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. “Ini bisa dilihat intesifnya koordinasi antara KPU, Dinas Kependudukan dan Capil (Pemerintah) serta Panwaslu dalam rangka mengoptimalkan peran ketiga lembaga ini untuk mencapai Pemilu yang baik. Ini indikasi baik dan harus dipertahankan terus.”

Bahkan Nayodo meyakini pemilu 2014 akan jauh lebih baik, apalagi hasil survei secara nasional memperlihatkan hampir 80 persen responden menyatakan akan menggunakan hak pilihnya. “Secara nasional tingkat partisipasi pemilih pada pemilu 2009 lalu hanya menyentuh level 71 persen dari total pemilih yang ada. Untuk itu kami berharap seluruh masyarakat, termasuk di Kotamobagu untuk terus menerus sama-sama melakukan sosialisasi, agar apa yang dicita-citakan bersama menjadi kenyataan.”

Kepada peserta pemilihan umum, yakni partai-partai politik (parpol), Nayodo disamping melakukan kampanye juga ikut serta memberikan pencerahan kepada masyarakat dan memberi penyadaran kepada para pemilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan tepat dan benar, terutama kepada pemilih pemula dan mereka yang selalu enggan memilih pada beberapa kali gelaran pemilu berlangsung.

“KPU juga sudah punya relawan demokrasi yang bertugas untuk memberikan penyadaran. Kan jadi indah kalau semua pihak bisa bersama-sama bersosialisasi tentang baiknya pemilu.” (**)