Optimis Pembersihan DPT Tuntas

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu optimis pihaknya akan menyelesaikan tugasnya membersihkan daftar pemilih tetap (DPT) invalid hingga akhir November ini.Data invalid tersebut, menurut Yusril Kobandaha, coordinator operator data informasi KPU Kotamobagu, meliputi pemilih yang tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK). “Saat ini sudah ada data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kotamobagu yang kami terima, meski tidak semua desa dan kelurahan yang,” kata Yusril di ruang kerjanya, Selasa (26/11) kemarin.

Informasi yang diperoleh, secara nasional proses pembersihan DPT invalid akan rampung sebelum 4 Desember. “Karena tanggal 1 dan 2 November sudah harus ada laporan ke KPU Sulut, sebelum ditetapkan secara nasional pada 4 Desember,” tambahnya.

Proses pembersihan DPT invalid itu sendiri dilakukan oleh jajaran KPU kabupaten/kota ke bawah, termasuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kotamobagu. “Data dari PPK diserahkan ke PPS untuk kemudian diverifikasi secara faktual,” kata Nur Cholis, operator KPU Kotamobagu lainnya.
Kemudian, lanjut Cholis, verifikasi faktual dilakukan dengan mendatangi langsung rumah-rumah yang ditemukan pemilih tak memiliki NIK/NKK.” (**)

Leave a Reply