Optimis Pemilu Legislatif Lancar

KOTAMOBAGU – Lima komisioner plus sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu optimis pelaksanaan pemungutan suara di daerah ini akan berlangsung lancar dan sukses.

“Hingga hari ini kami masih melengkapi dan mensortir formulir-formulir yang nantinya akan digunakan di tempat pemungutan suara (TPS). Hingga kini kita masih menunggu beberapa formulir dari Manado dan surat suara pengganti yang rusak,” kata Nova Tamon, komisioner yang membidangi logistik kepada media ini di kantor KPU Kotamobagu, Senin (31/03/14).

Nova meyakini pada H minus 1 nanti semua logistik sudah bisa didistribusikan ke seluruh TPS yang ada di daerah ini. “Mengapa kami hanya menggunakan sehari untuk distribusi logistik? Karena memang Kotamobagu daerah yang sangat mudah dijangkau. Dalam beberapa penyelenggaraan pemilihan umum, baik kepala daerah maupun legislatif beberapa waktu lalu, semuanya tuntas dalam sehari.”

Dibagian lain, Iwan Manoppo, komisioner yang bertanggungjawab pada sosialisasi, menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke berbagai elemen masyarakat. “Kami juga dibantu oleh relawan demokrasi yang membawahi lima elemen. Mudah-mudahan mereka bekerja maksimal sehingga target 90 persen tingkat partisipasi politik masyarakat bisa tercapai.”

Iwan bahkan berharap kepada masyarakat untuk berbondong-bondong mendatangi TPS pada tanggal 9 April mendatang. “Suara kita sangat menentukan masa depan daerah ini, karena di pemilihan umum kita akan memilih para wakil rakyat yang akan duduk di DPR, DPRD dan DPD. Jadi pilih wakil kita yang terbaik.”

Komisioner KPU Kotamobagu lainnya, Asep Sabar, berharap kepada partai politik untuk kembali memantau para pendukungnya apakah sudah terdaftar di daftar pemilih atau belum?

“Karena secara tidak langsung peran partai dalam mengajak konstituen serta pendukung untuk memilih merupakan bagian dari sosialisasi pemilu. Bagi warga yang memang tidak tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) atau daftar pemilih khusus (DPK) masih ada DPK Tambahan, dengan syarat melapor ke panitia pemungutan suara (PPS), selambatnya tiga hari sebelum pemungutan suara.”

Menurut komisioner yang membidangi data informasi itu, hingga kini DPT Kotamobagu berjumlah 90.658 dengan rincian 46.006 pemilih laki-laki dan 44.652 pemilih perempuan. “Sementara untuk jumlah TPS sebanyak 242 tersebar di 33 desa dan kelurahan dan tiga daerah pemilihan se-Kota Kotamobagu.”

Sementara untuk DPK, lanjut Asep, hasil rapat bersama panitia pmilihan kecamatan (PPK) tanggal 30 Maret kemarin, sebanyak 249 pemilih dengan 136 pemilih laki-laki dan 111 pemilih perempuan. “Mereka yang masuk DPK tersebar di 71 TPS dan 24 desa se-Kotamobagu.” (**)

Leave a Reply