Nova ‘Gantikan’ Nayodo

KOTAMOBAGU – Setelah sempat terjadi perdebatan sengit soal siapa yang layak menggantikan Nayodo Koerniawan, pleno KPU Kotamobagu akhirnya menetapkan Nova Tamon sebagai Ketua KPU Kotamobagu.

Nova, menurut beberapa komisioner dianggap pas memegang jabatan tersebut mengingat pengalamannya sebagai komisioner dua periode dan tercatat cakap serta mampu. “Mudah-mudahan Nova bisa mengemban tugas ini dengan baik,” kata Aditya Tegela, salah satu komisioner KPU Kotamobagu di ruang kernya, Selasa (03/02/12).

Sebagaimana diketahui penetapan Nova Tamon, komisioner KPU Kotamobagu dan perempuan satu-satunya itu terkait dengan permohonan ijin Nayodo Koerniawan yang akan melaksanakan umroh selama dua puluh hari.

“Jadi untuk tidak terjadi kekosongan posisi Ketua, maka dipilih dan ditetapkan pejabat sementara oleh pleno KPU Kotamobagu. Apalagi saat ini kita memasuki masa-masa menjelang tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) gubernur,” kata Agung Adati, Sekretaris KPu Kotamobagu, yang juga akan melaksanakan umroh, kepada media ini.

Dan, bila dalam dua puluh hari kedepan, selama Nayodo menjalani ibadah umroh, jika ada persoalan-persoalan yang harus segera diputuskan, lanjut Agung, maka KPU Kotamobagu yang dipimpin Nova harus membuat keputusan bersama tiga komisioner lainnya; Asep Sabar, Iwan Manoppo dan Aditya Tegela. “Ini sudah lumrah dalam organisasi pemerintahan, dan tidak ada kaitannya dengan politik apapun,” tegas Asep menambahkan.

Hasil pleno yang digelar Selasa siang itu kemudian akan diteruskan ke KPU Provinsi Sulawesi Utara dan KPU RI di Jakarta sebagai tembusannya. Sementara itu untuk Sekretaris KPU Kotamobagu akan dijabat sementara oleh Ichdar Apanda yang juga salah satu Kasubag di KPU Kotamobagu. “Tidak ada persoalan semuanya memang sudah ketentuan yang berlaku, jika salah satu pejabat berhalangan maka diserahkan sementara kepada yang lainnya,” tegas Nayodo, Koerniawan.

Rombongan umroh Nayodo dan Agung Adati rencananya akan bertolak ke Jakarta pada Kamis (04/02/15). Setelah menginap semalam di Jakarta mereka langsung bertolak ke Jeddah, Arab Saudi. (**)

Leave a Reply